Welcome to leogerv.blogspot.com

Rabu, 26 September 2012

Apa itu Visual Kei

Apa itu Visual Kei?

Visual Kei merupakan penggabungan dari kata Visual (bahasa Inggris), dan Kei (bahasa Jepang) yang mempunyai arti ‘gaya’. Visual kei berasal dari Jepang. Visual Kei (ヴィジュアル系 bijuaru kei)adalah sekumpulan style yang menampilkan tampilan yang serba overdose, warna-warni dan dianggap aneh oleh sebagian besar masyarakat. 
Visual Kei
banyak diadaptasi oleh band-band yang masih indie, karena mereka dapat mengekspresikan diri mereka secara bebas. Setelah memasuki major, kebanyakan sudah melepas ciri Visual Kei (seperti L'Arc~en~Ciel pada awal kemunculannya). Visual Kei baru terkenal kira-kira pada tahun 1988, dibawa oleh band Buck-Tick, X Japan dan beberapa band lainnya. Setelah X-Japan bubar, barulah Visual Kei di kenal di kalangan pencinta musik Jepang.

Anggota band Visual Kei sering memakai make up yang mencolok, dengan gaya potongan rambut yang dramatis, yang mengingatkan pada “pita rambut” tahun 1980-an dan memakai kostum yang sangat rumit. Walaupun sebagian besar musisi adalah laki-laki. Anggota band sering bermake up dan memakai pakaian yang dapat dianggap sebagai feminin atau androgynous (memberikan sesuatu yang bersifat kewanitaan (feminim) dalam sesuatu yang kepriaan (maskulin)
.
Pada akhirnya sebagian band kembali pada image warna-warni dan fantastik yang populer sekitar 5 tahun lalu yang diinspirasi game RPG dan Anime. Daya tarik kostum pada fans adalah dengan ditunjukkan oleh para gadis yang berpakaian cosplay sebagai anggota band favorit mereka.
Band visual kei yang diartikan sebagai yang utama dari gaya visual, tidak mengacu pada jenis musik tertentu. Mereka sebagian memainkan musik rock, hard rock seperti Luna Sea, Dir en Grey, Alice Nine, The Gazette, LM.C, Vivid, Vistlip, Plastic Tree, Deluhi (disband on April 2011), dll. Musik gothic dan Neoclassic seperti Malice Mizer, Moi Dix Mois, D'espairs Ray, dll. Light Rock dan Pop seperti L'Arc~en~Ciel, Glay, Shazna dan Musik Heavy Metal dan ballad seperti X Japan (band yang pertama kali memakai gaya Visual Kei), Loudness, dll. Selain itu musik industrial, punk, dan techno kadang-kadang juga masuk ke dalamnya. Dengan mengambil genre dalam arti yang luas, sebagian besar memutuskan memainkan beberapa jenis musik rock.

Sejarah:

Sejarah yang “melahirkan” adanya Visual Kei sebenarnya bermula saat Jepang mengalami perubahan besar-besaran usai Perang Dunia II. Saat itu ada suatu komunitas yang ‘terbuang’ dari masyarakat. Komunitas ini tidak hanya berbicara melalui mulut dan tulisan, tapi juga lewat penampilan. Komunitas yang mayoritas terdiri dari kaum adam itu tampil dengan mengenakan berbagai macam aksesoris dan berdandan maupun berperilaku layaknya perempuan. Lewat apa yang mereka pakai, mereka berbicara tentang segala hal. Mulai dari politik, hingga masalah-masalah psikologis.

here's some picture of the band ;) :


                                                             (L'Ark~en~Ciel)

                                                            (Alice Nine)

                                                              (Deluhi)
                                                                  (Plastic Tree)
                                                              (X-Japan)


That's it :D

Visual key artist isn't a SISSY or GAY. They just have different style and we should appreciate it :)b

Tidak ada komentar:

Posting Komentar